FMIPA UNHAS
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Beranda    Bersatu Melawan COVID-19 versi KKNers FMIPA

Bersatu Melawan COVID-19 versi KKNers FMIPA

21-07-2020 21:17
  

Dengan mengusung tema "Bersatu Melawan COVID-19". KKN Tematik UNHAS Gelombang 104 Tahun 2020 ini memiliki konsep yang berbeda dari KKN sebelumnya dan diharapkan mampu menjadi solusi pelaksanaan KKN Periode ini. KKN Tematik UNHAS Gelombang 104 ini berbasis daring dan dilaksanakan pada 8 Juli – 8 Agustus 2020.

Mahasiswa Fakultas MIPA Unhas yang mengikuti KKN Gelombang 104 memiliki berbagai macam pandangan dan pendapatnya.

"KKN periode ini walau kurang efektif dengan pelaksaannya yang daring buat pamflet atau peta tentang covid namun itu juga bermanfaat dengan program kerja saya yaitu edukasi siswa SMA secara daring & memasang papan wicara di Puskesmas, saya jadi sering mencari informasi mengenai perkembangan COVID-19 untuk disampaikan kembali pada siswa SMA dan masyarakat" ungkap Syakirah Mahasiswi Program Studi Geofisika.

Namun pendapat berbeda dari Aisyanang Deng Ngai Mahasiswi Program Studi Biologi ini berpendapat bahwa di KKN kali ini ia merasa bahwa ikut ambil bagian dalam melawan COVID-19, walau berjarak dan hanya dari rumah mahasiswi yang biasa di sapa Isye ini yakin tetap bisa memancarkan kebaikan melalui Program Kerja yang dia laksanakan seperti mengedukasi pemanfaatan pekarangan rumah sbg lahan penanam sayur peningkat imun dan untuk ketahanan pangan keluarga.

Sama halnya dengan Mahasiswi Program Studi Statistika, "KKN periode ini berbeda sekali dengan ekspektasi saya, namun melihat kondisi sekarang tidak bisa juga dipaksakan. Tapi di sisi lain, kita juga bisa melihat semakin banyaknya orang baik dengan mengusung program kerja yang ada turun ke jalan berbagi, adanya KKN ini kita dan Unhas saling mendukung adanya hal baik di kondisi seperti ini. Jadi semakin banyak orang baik", kata Nurul Hidayah Maghfirah yang akrab di sapa Ata ini. 
Senada dengan Ata, Menurut Tasya Wiraz salah satu mahasiswi Program studi Matematika ini mengatakan "ya walaupun sebenarnya saya ingin terjun langsung menjadi volunteer seperti teman di kesehatan tapi menurut saya KKN periode ini memiliki peran lain yang insya allah tidak akan sia-sia dan bermanfaat untuk orang banyak" ungkapnya.

Sedangkan menurut Ilmi Kalam, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer KKN 104 ini meminimalisir penyebaran COVID-19, memanfaatkan fasilitas konferensi dan hal ini tentunya mengurangi tingkat "gaptek" pada masyarakat karena memaksimalkan teknologi yang ada di masa sekarang.

Terakhir berpindah ke Program Studi Kimia, Ishar menuturkan keresahannya selama KKN di masa pandemi ini sulit baginya untuk mengontrol teman teman seposkonya terlebih lagi dia adalah koordinator namun tidak dapat bertatap muka langsung dengan masyarakat dan teman yang lainnya, menurutnya dia sedikit kecewa karena tidak dapat mendalami Tri Dharma Perguruan Tinggi pada poin terakhir, Pengabdian pada Masyarakat. Sebelum mengakhirinya, Ishar berharap semoga KKN seperti ini hanya dialami pada Gelombang 104 ini.

Namun semua peserta KKN berharap dengan adanya KKN seperti ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan pandemi ini cepat berlalu.

Artikel Terkait

Arsip Berita