FMIPA UNHAS
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Beranda    FMIPA sukses menyelenggarakan ICOS 2020

FMIPA sukses menyelenggarakan ICOS 2020

24-08-2020 16:42
  

The 4th International Conference On Science dengan tema "Development in Science towards Better Quality of Life" kembali dilaksanakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin.

ICOS Tahun 2020 ini mencakup topik :
- Fisika, Geofisika, dan Fisika Komputasi
- Matematika, Ilmu Aktuaria, dan Statistik
- Kimia dan Kimia Komputasi
- Biologi, Pertanian, Kehutanan, Ilmu Kelautan dan Perikanan, dan Ilmu Peternakan
- Ilmu Keperawatan, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, dan Farmasi 
- Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi & Teknik.

International Conference On Science (ICOS) bekerja sama dengan Indonesia Mathematical Society (IndoMS), Himpunan Fisika Indonesia (HFI), Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Himpunan Kimia Indonesia (HKI), dan Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) ini berlangsung dua hari, pada tanggal 22-23 Agustus 2020 dan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A dan dihadiri oleh Dekan Fakultas MIPA, Dr. Eng Amiruddin, M.Si.
Dalam sambutannya Prof. Dwia selaku Rektor Universitas Hasanuddin menyatakan bangga kegiatan ini dapat terselenggara, selain meningkatkan kualitas akademik kegiatan ini juga menambah publikasi terbitan.

Prof Muhammad Ivan Azis, M.Sc. selaku Ketua Panitia dalam kegiatan ini menyatakan ICOS telah 4 tahun terselenggara, "International Conference On Science pertama kali diadakan pada Tahun 2014, tepatnya tanggal 19-20 November 2014, Tahun kedua pada 2-3 November 2017, Tahun Ketiga pada 26-27 Juli 2019 hingga sekarang tahun 2020. Diharapkan kegiatan ini dapat terus terselenggara minimal 2 Tahun sekali" tuturnya.

Dengan 420 paper yang terkumpul kemudian akan di presentasikan secara virtual melalui Parallel Session oleh para Peserta.

Pada pelaksaannya di hari pertama ICOS 2020 menghadirkan keynote speaker yaitu Prof. Jamaluddin Jompa, Ph.D (Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas), Prof. Alexander V. Babanim (Professor Teknik Kelautan, Universitas Melbourne, Australia), Prof. Jan Leendert Nouwen (Medical Center of Erasmus University, Nerherlands) dan Prof. Ulrike Lindequist (University Greifswald, Germany).
Pada hari kedua dilanjutkan kembali yakni presentasi dan Diskusi dari para Peserta ICOS 2020.

Prof. Jan Leendert Nouwen menyampaikan materi dengab topik, Infectious Disease and Covid Pathogenesis. Prof. Jan menjelaskan mengenai Global Cases dan Grafik Covid.

Makalah yang dipresentasikan, direferensikan dan diterima akan diterbitkan dalam Journal of Physics: Conference Series.

Artikel Terkait

Arsip Berita