FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Teknologi Informasi

Pengembangan Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting untuk dapat menyediakan informasi yang berkualitas, akurat, tepat waktu, tepat sasaran dan relevan untuk kepentingan pengambilan keputusan di semua tingkatan manajemen FMIPA Unhas. Untuk itu, (1) jaringan di FMIPA Unhas harus terus ditingkatkan dan dikembangkan agar data dapat dijaring pada sumbernya dan informasi dapat segera diakses secara online sehingga dapat menunjang penyajian data dan informasi yang tepat waktu; (2) kemampuan, keterampilan dan dedikasi para staf dalam teknologi informasi perlu ditingkatkan agar mereka dapat bekerja lebih produktif, loyal, efisien dan efektif; dan (3) budaya komputer dan jaringan komputer perlu ditumbuhkan dalam FMIPA sehingga setiap mahasiswa, staf akademik dan administrasi memandang sistem informasi sebagai suatu kebutuhan sistem informasi yang ada di FMIPA Unhas sangat ditunjang dengan adanya jaringan untuk akses internet yang dapat dilakukan secara fixed-line dan wireless. Dengan di tunjang oleh peralatan Unhas yang modern dan canggih , sehingga sistem pengolahan data sudah dapat dilakukan dengan komputer melalui jaringan lokal (LAN) maupun jaringan luas (WAN) Tim yang bertugas menangani jaringan sistem informasi telah dibentuk dan bertugas untuk merawat hardware dan juga mengupdate informasi yang ada di website FMIPA.

Pengembangan sistem informasi jangka panjang berupa peningkatan kecepatan akses dan peningkatan pemanfaatannya untuk kepentingan pembelajaran dan sistem data base. Upaya peningkatan sistem dan pelayanan informasi saat ini sedang berproses dalam rangka menindak lanjuti hasil lokakarya yang telah dilakukan Univrsitas Hasanuddin dengan meibatkan seluruh ketua prodi, kepala-kepala unit dan tim penjaminan mutu, untuk mencanangkan sistem informasi terpadu dalam lingkungan universitas yang berbasis database dan PDPT (pangkalan Data Perguruan Tinggi).

Sistem informsi manajemen FMIPA merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Unhas yang mememanfaatkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Unhas (http://sim.unhas.ac.id), sedangkan untuk proses pembelajaran online (distance learning) memanfaatkan Learning Management System (LMS) Unhas (http://lms.unhas.ac.id).

Dalam SIM telah tersedia beberapa fasilitas/fitur yang dapat diakses secara luas baik dari dalam maupun luar kampus Unhas. Fasilitas yang dimaksud dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Portal Akademik: Portal ini digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam melakukan proses pembelajaran setiap semesternya
    Manfaat: Memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melakukan interaksi tanpa harus bertatap muka misalnya dalam pengurusan Kartu Rencana Studi (KRS), kemajuan studi setiap mahasiswa dapat dipantau setiap saat, data akademik tersedia dan dapat diakses kapan dan dimana saja kita berada.
  • Informasi Akademik: fitur ini merupakan program administrasi, merupakan Administrasi Her-Registrasi di BAA dan untuk administrasi Akademik di Fakultas.
    Manfaat: dipergunakan seluruh unit di lingkungan kampus untuk melaksanakan proses-proses KRS, perwalian, cetak transkrip, KHS dan pembagian kelas
  • Informasi Keuangan: Sistem inforamasi Manajemen Keuangan untuk program SPP dan Non-SPP di Biro Keuangan.
    Manfaat : Untuk bisa mengetahui berapa mahasiswa yang masih aktif/tidak aktif dan belum melaksanakan Her-Registrasi serta mengetahui jumlah mahasiswa yang dalam proses cuti/lulus/mengundurkan diri.
  • Informasi Aset: Menyediakan data-data asest Unhas secara online yang dapat diakses oleh civitas akademika Unhas yang memerlukannya.
    Manfaat : Untuk mengetahui perkembangan asset unite-unit dalam lingkup Unhas.
  • Informasi SDM : Sistem informasi kepegawaian
    Manfaat : Untuk mengetahui jumlah karyawan, masa kerja, status, golongan, kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala.

Pemanfaatan dalam sistem informasi tersebut adalah membantu menyediakan data tentang akademik mahasiswa dari awal perkuliahan sampai yudisium secara akurat sehingga diharapakan dapat diambil keputusan yang tepat untuk kelulusan serta untuk pengembangan institusi misalnya pengembangan SDM.