FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Penjaminan Mutu

Penjaminan mutu penyelenggaraan tridharma PT dan pengelolaan pelayanan berbagai administrasi pada lingkungan FMIPA dilaksanakan baik secara struktural maupun melalui tim adhoc. Organisasi penjaminan mutu FMIPA Unhas diberi nama Gugus Jaminan Mutu dengan struktur organisasi diperlihatkan pada Gambar-2. Secara struktural penjaminan mutu pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pemberlakuan berbagai peraturan dan monitoring serta evaluasi secara berkala dari kegiatan yang terlaksana sesuai dengan program prioritas Unhas. Berbagai peraturan yang tersedia dan sedang dijalankan disusun dan ditetapkan oleh Universitas, Fakultas maupun secara spesifik oleh Jurusan/Prodi. Terdapat pula beberapa kebijakan yang dibuat dan dijalankan sesuai kesepakatan pada berbagai tingkat organisasi/struktur sesuai spesifikasi dari tujuan pengambilan kebijakan tersebut. Peraturan dan kebijakan tersebut disusun dan didokumentasikan baik yang langsung oleh Universitas maupun pada tingkat fakultas, Jurusan/Prodi. Terpenting dari semua itu bahwa segala peraturan dan kebijakan yang dibuat dan dijalankan tidak bertentangan satu dengan yang lain. Begitupula dikomunikasikan kepada semua komponen yang terlibat. Pelanggaran yang terjadi pada suatu komponen dibahas secara internal yang selanjutnya meningkat kepada level komponen berikutnya.

pmutuGambar-2 Struktur Organisasi Gugus Jaminan Mutu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin

Mekanisme pejaminan mutu sebagai berikut:

  • Kelembagaan di tingkat Universitas di laksanakan oleh Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan (LKPP) melalui Pusat Kajian Penjaminan Mutu (PKPM).
  • Kelembagaan di tingkat Pascasarjana yaitu Unit Audit Manajemen Akademik Internal (AMAI)
  • Kelembagaan di Tingkat Fakultas yaitu Gugus Jaminan Mutu (GJM)
  • Kelembagaan di Tingkat Program Studi yaitu Unit Jaminan Mutu (UJM)

Fakultas MIPA Unhas telah berupaya untuk menerapkan prinsip-prinsip manejemen mutu (quality assurance). Penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu ini, meliputi penyiapan infrastruktur, pencatatan setiap kegiatan, dokumentasi, audit, dan tindak lanjut audit. Manajemen mutu terhadap kurikulum dilakukan dengan cara mengkaji kurikulum secara periodik satu kali setahun. Kegiatan ini bertujuan untuk secara komprehensif mengkaji isi dari masing-masing matakuliah, keterkaitan antar matakuliah, relevansi mata kuliah dengan perkembangan ilmu teknologi. Membentuk kurikulum yang mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dan sesuai dengan kebutuhan pengguna merupakan tujuan akhir dari kemungkinan perubahan yang terjadi.

FMIPA Unhas telah menghasilkan aplikas Sistem Penjaminan Mutu Internal yang dapat dikases secara online pada Web Gugus Penjaminan Mutu