FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Struktur Organisasi

strukturorg

Dekan dan Wakil Dekan

    Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin dipimpin oleh seorang Dekan dengan tugas memimpin kegiatan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masayarakat. Dalam menjalankan tugas sehari-hari, Dekan dibantu oleh tiga Wakil Dekan yakni Wakil Dekan I (Wadek I) bertugas dalam bidang administrasi akademik, Wakil Dekan II (Wadek II) bertugas dalam bidang administrasi umum dan keuangan, serta Wakil Dekan III (Wadek III) bertugas dalam bidang kemahasiswaan dan alumni.

Senat Fakultas

       Senat fakultas merupakan perangkat organisasi fakultas yang membantu pimpinan fakultas dengan memberi pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan keputusan strategis fakultas. Senat fakultas terdiri atas; Dekan sebagai ketua senat (ex-officio), sekretaris senat, dan beberapa orang anggota. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unhas Nomor 27153/UN4/KP.04/2013, tanggal 23 Desember 2013, anggota senat FMIPA Unhas terdiri atas Dekan dan Wakil Dekan, Guru Besar, Ketua Jurusan dan ditambah dua orang wakil dari setiap jurusan sebagai representasi dosen. Jumlah keseluruhan anggota Senat FMIPA Unhas adalah sebanyak 30 orang.

Jurusan, Program Studi, Dosen dan Lab/Studio

      Jurusan adalah unsur pelaksana kegiatan adminsitrasi akademik fakultas yang mempunyai tugas melaksanakan administrasi akademik secara profesional dalam sebagian dan atau satu cabang ilmu pengetahuan. Jurusan dipimpin oleh seorang ketua jurusan dan dibantu oleh seorang sekretaris jurusan. Saat ini terdapat empat jurusan dan enam program studi dalam lingkup FMIPA Unhas. Beberapa dari program studi tersebut telah memiliki program studi pascasarjana (S2 dan S3). Data selengkapnya dapat dilihat dalam tabel berikut:

No Program Studi Jenjang Pendidikan
1 Matematika S1, S2
2 Statistik S1
3 Ilmu Komputer S1
4 Fisika S1, S2
5 Geofisika S1, S2
6 Kimia S1, S2, S3
7 Biologi S1

  Setiap jurusan/program studi memiliki sumberdaya dosen sebagai unsur pelaksana pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi FMIPA Unhas lebih banyak dilaksanakan di laboratorium. Oleh karena itu laboratorium di FMIPA Unhas merupakan urat nadi dalam pelaksanaan tridarma tersebut. Setiap jurusan mengelola laboratorium sendiri sesuai dengan bidang keilmuannya dan melayani kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Khusus untuk melayani penelitian yang sifatnya lanjutan, Fakultas MIPA mengelola Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Sains. Laboratorium ini terdiri dari beberapa ruangan dengan peralatan yang lengkap dan mutakhir yang melayani semua jurusan terutama penelitian dosen dan mahasiswa tugas akhir. Adapun jumlah laboratorium yang ada saat ini adalah 27 (dua puluh tujuh) seperti ditunjukkan pada tautan ini.

Tulisan terbanyak tampil

Halaman terbanyak tampil

Masuk Akun

Vision

Being the center of excellence in the development of basic science and its application based on Indonesian maritime continent (BMI) at the national level and recognized internationally in 2030.

Mission

  • Implement basic education of natural science with the support of mathematics, which is based on faith and devotion to human welfare and environmental protection
  • Implement education to produce graduates who have the capacity, character and competence of science, intellect and adaptive and creative learners.
  • Implement research natural science of basic mathematical support and applying the results through empowerment of the community to utilize a sustainable resources and the environmental conservation